Friday, December 23, 2005

slackware nightmare??

Setelah mencoba SLAX aku jadi berniat mencoba Slackware, bapaknya SLAX
Aku beli cd install slackware di gudang linux, sebenernya bisa aja sih download di
kantor cuma terlalu gede 4 cd loh, bisa nunggu dua minggu lagi baru lengkap hehe
Nah kebetulan si jendela rusak kan jadi ya aku berniat format aja itu harddisk, trus coba install slackware.
Langsung deh booting dari cd, trus keluar login prompt kedip2, loh apa pula ini belum juga diinstall koq sudah ada login prompt?? Setelah baca penjelasan yg ada ternyata kita diharuskan menyiapkan partisi harddisk dulu, silakan gunakan fdisk atau cfdisk. Alamaak.. manual partisinya oi, ya sudah aku reboot lagi trus bikin partisi lewat mandriva tercinta (hehehe masih pake mandriva) Partisi dah kelar nah sekarang boot lagi dari cd slack. Ok sesuai perintah aku jalankan setup. Nah akhirnya ada GUI juga walupun text based yah cukup lah asal ada menu2 yang bisa dipilih jadi gak buta. Seperti biasa ada pilihan mau install aplikasi apa trus mau diinstall di partisi mana, bla bla bla. Bisa diikuti menu2nya, gak susah2 amat.
Setelah selesai ada pilihan kernel yang mau diinstall nah ini penting, waktu itu aku salah pilih
kupikir bisa menggunakan kernel yang ada di cd1 (boot cd) eh ternyata kernel yang itu gak ada modul2 nya jadi waktu boot pertama kali gak bisa mount fat & ntfs partition. Nah seharusnya yang benar di cd2 ada kernel 2.6.13 lengkap dengan source & modul2nya.
Ternyata setelah dicoba enak juga loh. Gak kalah deh sama mandriva yang sudah kupakai. Desktop yang dipakai KDE so gak susah pakenya dan enak dipandang.
Package management nya juga enak, aku coba install hsfmodem dari source dengan bantuan checkinstall, langsung jalan tuh. Ada tool juga untuk merubah dari rpm to tgz (tgz = slackware packages). Jadi kayaknya gak lama lagi aku akan beralih ke slackware. Hehehe

No comments: