Wednesday, December 21, 2005

Kalau Einstein Jadi Koki

Salah satu buku yang sedang aku baca, pertama kali aku berpikir buku ini menyajikan bacaan ringan seputar dapur dan makanan. Setelah aku baca beberapa halaman... wah ternyata lumayan 'berisi' dan gak sesuai dengan bayanganku sebelumnya. Aku membayangkan akan membaca buku yang santai dengan penjelasan2 singkat sesuai dengan sinopsis di bagian belakang buku, ternyata penjelasan yang diberikan cukup panjang dan detail kadang agak ilmiah. Tapi aku gak kecewa juga sih, karena basically aku juga suka dengan penjelasan2 ilmiah.

Model penulisan buku ini seperti FAQ (Frequently Asked Question), pertanyaan lalu diikuti dengan jawaban serta penjelasannya. Jangan takut penjelasannya tidak benar2 ilmiah banget koq
Contohnya ada pertanyan tentang memasukkan kentang kedalam sup yang terlalu asin. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulisnya melakukan percobaan dengan sup yang ditambahkan kentang. Hasilnya ternyata kadar garam sebelum dan sesudah ditambahkan kentang boleh dibilang tidak berubah. Kesimpulannya satu2nya cara untuk mengurangi kadar garam di sup yang terlalu asin hanya dengan menambahkan air.

Yah overall aku cukup puas dengan buku ini, walaupun masih belum selesai kubaca. Lumayan lah menambah pengetahuan seputar makanan. Bahkan ada sedikit pelajaran fisika & kimia. Kadang kalau lagi baca penjelasannya jadi ingat pelajaran kimia waktu SMA hehe..

No comments: