Wednesday, October 17, 2007

My LiveCD Collection

Setelah sukses compile grub + splashimage, langsung deh dipake buat bikin live cd collection. CD yang dibuat ini isinya terdiri dari: Slax, Nimblex, PartedMagic, System Rescue CD, DamnSmall, Puppy. Semuanya distro live cd yang berukuran kecil, karena kalo pilih distro yang size nya besar ya ga muat dimasukin ke 1 cd. Total semuanya 690 MB pas banget kan.
Untuk menu nya pake grub yang udah dibikin, tinggal atur config grub nya aja supaya bisa 2 level jadi setelah milih distro trus grub nya tampilin menu lagi buat milih boot option.
Trus yang agak repot itu ngakalin slax sama nimblex. Karena dua distro ini basisnya Linux Live Script jadi dia akan mencari file yang namanya livecd.sgn nah repotnya file tersebut harus ditaruh di root CD. Jadi kalo ada dua atau lebih distro yg menggunakan Linux Live Script hanya bisa boot salah satu aja. Solusinya aku edit script liblinuxlive yang ada di initrd.gz, aku ubah di bagian yang ada livecd.sgn trus diganti jadi slax/livecd.sgn untuk yang slax dan nimblex/livecd.sgn untuk yang nimblex.
Jadi sekarang smua file2 slax aku masukin ke dalam folder slax, file2 nimblex ke dalam folder nimblex. Dua2nya berhasil boot dengan mulus.
Untuk distro yang lain gak terlalu masalah karena gak ada yang diubah. Hanya perlu diperhatikan waktu buat config grub jangan sampe salah letak kernel / initrd.
Udah semuanya tinggal bikin isonya pake mkisofs. Trus nyoba pake vmware, setelah dipastikan sudah jalan semua waktunya diburn ke CD. Habis itu coba langsung di PC
Selesai deh.. sekarang aku punya 1 CD yg isinya beberapa distro, dan cukup berguna untuk recovery data dari computer yg crash, gak bisa boot.

No comments: